(Buku) Andy’s Corner – Andy F. Noya

Posted on Posted in Review
Share this : Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrEmail this to someonePrint this page

Dalam perjalanan keluar kota selama satu minggu ini, sebelumnya saya menyiapkan dua buah buku untuk saya baca, satu buku tentang Soekarno, dan satu buku lagi tulisan Andy “Kick Andy” berfikir mungkin akan bisa menemani kebosanan yang mungkin mendera. Namun disaat-saat terakhir packing saya memutuskan hanya membawa satu buku, karena keterbatasan space di backpack saya :D .

Buku yang saya bawa berjudul “Andy’s Corner” hasil pemikiran Andy F. Noya.Kemudian hari agak menyesal juga hanya membawa satu buku, karena ternyata kebosanan lebih menggila dari yang saya kira dan buku ini selesai dibaca hanya beberapa jam :) .

Buku ini kemasannya menarik. Desain covernya juga enak dilihat dan terkesan unik dibalut dengan kemasan hard cover yang membuat buku ini terkesan eksklusif. Buku ini saya rekomendasi jika Anda ingin memberikan hadiah berupa buku kepada seseorang.

Selain kemasan dan tampilan luar yang menarik, ternyata isi buku ini juga bagus. Uraiannya ringan dan mudah dicerna. Saya bukan tipe yang menyukai untuk membaca hal-hal yang rumit. Saya lebih suka membaca atau mengetahui dan belajar mengenai hal-hal yang sederhana, imaginatif, membuat kita menerawang dengan theatre of mind, atau membuat kita berfikir kreatif. Karenanya buku ini jadi menarik karna isinya yang sederhana, menceritakan banyak kejadian sehari-hari yang nyata ada di sekitar kita. Buku ini memberikan inspirasi karena membuka dimensi baru berfikir, mengutarakan hal-hal yang luput dari pemikiran atau pandangan kita.

Isi buku ini banyak bercerita tentang program acara Kick Andy di Metro TV yang dibawakan oleh Andy. Mungkin saja buku ini adalah bagian dari promo acara Kick Andy, namun terlepas dari itu tanpa memikirkan segala bentuk komersialitas apapun, buku ini layak dibaca terutama untuk Anda yang butuh untuk terinspirasi, Anda yang merasa sulit dengan kehidupan Anda. Buku ini akan menjelaskan bahwa Anda adalah orang yang sangat beruntung dengan hidup yang sudah, sedang dan yang akan terjadi pada Anda. Cerita-cerita ringan mengenai beberapa sesi acara Kick Andy diurai kemabali disini termasuk latar belakang dan hal-hal lain yang berkaitan dengan sesi atau tema tertentu. Buku ini melihat dari sisi berbeda sebuah kehidupan yang makin hari makin terasa sulit dan keras atau bahkan jahat dengan membangkitkan pikiran positif dan cerah. Membangkitkan motivasi kita sebagai manusia dengan kemanusiaannya.

===

Mungkin ada beberapa yang belum terlalu familiar dengan nama Andy F. Noya, tapi kalau melihat wajah dan gayanya yang khas pasti kita akan mengenalinya dengan baik. Ciri khas rambut kribo adalah salah satu keunikannya. Pria yang belakangan populer melalui acara Kick Andy ini ternyata sudah lama bergelut dengan dunia jurnalistik, cerita hidupnya menginspirasi banyak orang termasuk saya salah satunya.

Apa yang menarik dari seorang Andy disini? menurut saya satu point yang menjadi kelebihannya adalah kesederhanaannya dan gaya dingin dan santainya. Saya melihat Andy sebagai sosok yang ‘dingin’, sosok yang tenang terutama dari caranya berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini sangat terlihat manakala beerhadapan dengan orang-orang yang diwawancarainya. Teknik komunikasi terlihat baik dan sangat menunjukan penguasaan terhadap materi. Gaya bertanyanya yang seringkali memojokkan lawan bicara namun terkadang sontak menjadi ringan karena gurauannya adalah satu hal lagi yang saya suka dari dirinya.

Terlepas dari sosok si penulis, buku ini saya nilai cukup bagus, selain isinya yang ringan, kelebihan lainnya adalah kemasannya yang menarik. Ya, kemasan adalah kesan pertama sebuah buku untuk saya, saya memang cenderung judging a book by it’s cover tapi tetap saja yang paling penting adalah isi dari buku tersebut. Dan kesempatan saya membaca buku ini pun ya karena kesan pertama itu :) .

Overall, buku ini enak dibaca karena isinya yang santai dan ringan tapi tetap mampu sedikit menyentil kita yang mungkin selama ini terlalu obsesif tentang ke-aku-an kita untuk sejenak memandang hidup dari sudut pandang berbeda. Sudut pandang yang lebih positif.

Share this : Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrEmail this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *