Text Wrap dan Text Inside Path InDesign CS5

Posted on Posted in Blog
Share this : Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrEmail this to someonePrint this page

Teknik Text Wrap dan Text Inside Path adalah teknik dasar layout buku, koran, majalah atau produk publishing lainnya yang ada di InDesign dan program Document Publishing lainnya yang harus dikuasai oleh seorang setter atau layouter. Saya yakin ini bukan teknik yang sulit atau rumit untuk dipelajari, namun pada tutorial ini saya akan memberikan detail tentang teknik ini untuk menjelaskan beberapa pertanyaan yang dilontarkan teman saya yang memang masih baru mengunakan InDesign.  Karena itu tidak ada salahnya juga saya coba buatkan tutorialnya karna mungkin masih ada yang belum memahami teknik ini.

Berikut langkah-langkah membuat Text Wrap dan Text Inside Path dengan InDesign CS5 (Versi dibawah CS5 juga menggunakan cara yang sama).

Text Wrap

1. Tempatkan text yang ingin digunakan pada halaman kerja dengan cara mengetikkannya, paste, atau import dari file.

Text

2. Kemudian masukan image yang diinginkan dan kita buat seleksinya. Caranya adalah dengan menempatkan image atau fot0 yang ingin digunakan pada halaman kerja dan buat seleksinya dengan pen tool. Berikan outline agar lebih memudahkan.

Masukan image

Setelah areal seleksi selesai dibuat, kita letakkan gambar di dalam seleksi tersebut dengan cara cut gambar kemudian paste into ke dalam seleksi.

Buang outline yang ada melalui jendela Swatches.

Buang outline

3. Letakkan image yang sudah di seleksi di posisi yang diinginkan di halaman kerja

4. Klik image, kemudian aktifkan window Text Wrap dengan cara mengklik menu Window, pilih Text Wrap.

Jendela Text Wrap

5. Ada berbagai pilihan text wrap di jendela text wrap ini. Pada tutorial ini yang saya inginkan adalah text mengalir disekitar seleksi objek. Maka yang saya klik adalah pilihan Wrap Around Object Shape.

Pilihan Text Wrap

Untuk pilihan text wrap lainnya semua terdapat pada jendela ini. Detail ukuran, jarak dan lain-lain juga dapat di modifikasi disini. Berikut hasil akhir setelah menggunakan Text Wrap.

Hasil akhir Text Wrap

Untuk hasil yang lebih sempurna, anda dimungkinkan untuk mengedit hasil akhir, seperti pada hasil akhir ini saya merasa jarak tulisan kurang jauh dan ada potongan kata yang kurang bagus.

Hasil akhir kurang sempurna

Jarak antar tulisan dan seleksi dapat diedit dengan mengaktifkan seleksi gambar kemudian memasukan besaran pada kolom ini :

Edit besaran jarak Text Wrap

Sedangkan untuk mengedit potongan kata yang kurang bagus Anda dapat mengedit path seleksi. Pada image tersebut saya menggunakan Direct Selection Tool (A) pada Tollbox untuk menaikan satu path diantara text “simply” dan “dummy” yang jaraknya terlalu lebar.

Edit path seleksi

 

Text Inside Path

Type Inside Path adalah teknik untuk membuat tulisan mengalir (flow) mengikuti bentuk path. Untuk melakukan hal ini yang dibutuhkan hanya 2 elemen yaitu Text dan Path dengan bentuk yang diinginkan. Caranya sangat sederhana, berikut langkah-langkahnya :

1. Buat path seperti yang diinginkan menggunakan Pen Tool atau tools untuk membuat path lainnya. Berikan outline untuk memudahkan

Buat Path

2. Klik Type Tool pada Toolbox untuk mengetikan text atau paste atau import file document.

3. Dengan posisi kursor type aktif, ketik atau paste atau import file di dalam path tersebut.

Masukkan Text

4. Buang outline melalui jendela Swatches, dan Selesai.

Buang Outline

 

Share this : Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrEmail this to someonePrint this page

17 thoughts on “Text Wrap dan Text Inside Path InDesign CS5

  1. HAllo Mas saya chakra , Mas gw mau nanyak soal font nih , saya ngirim data berupa PDF lewat email , nah font nya berubah pas diterima sama penerima font nya di pdf. Terima kasih sebelumny ya mas .

    1. Sebaiknya font di convert sebelum dibuat ke PDF, karena PDF ngebaca font aslinya waktu dibuka. Kalau di komputer penerima gak di instal font tersebut, ya pasti berubah. Cara lainnya adalah sertakan juga font yang digunakan supaya si penerima bisa install font-nya sebelum buka PDF-nya.

  2. Mas jika diperkenankan saya nyuwun master indesign cs4 atau lebih berikut serial numbernya. Semoga berpahala bagi yang membagi dengan saya. Amin.

  3. Maaf mas. Saya menulis pertanyaan di alamat email. Mohon jgn dijawab di email saya tapi di ruangan ini saja karena setiap hari dan malam, saya buka internet. Dalam alamat email saya itu saya menanyakan cara memodifikasi foto hingga menjadi seperti lukisan (Foto Jim Carry dan fotone njenengan yang dua-duanya full color itu lo mas). Saya terkesan sekali hasil akhirnya krn benar-benar seperti lukisan yang bukan sapuan tapi berupa garis-garis. Mohon mas ya berkenan menjawab di area ini saja. Terima kasih.

  4. EH ……. YA MAS SUDAH KETEMU JAWABANNYA. SEPERTINYA JAWABANNYA SY DAPATKAN DI http://www.my blog my note (KALAU GAK SALAH TULIS LO ITU…). TETAPI DENGAN NJENENGAN SAAT INI SAYA ADA PERTANYAAN: YANG BAKU BAGAIMANA TO CARA MEMPERKECIL ATAU MEMPERBESAR UKURAN FOTO DI INDESIGN? SEINGAT SAYA KALAU DI PAGE MAKER MENGGUNAKAN: shift + drag mouse. NAH KALAU DI INDESIGN BAGAIMANA?
    ITU PERTANYAAN PERTAMA. PERTANYAAN KEDUA: BAGAIMANA MENGATASI MISSING FONT DI INDESIGN? KETIKA PEMBUATAN PUBLIKASI, TIDAK ADA TANDA-TANDA MISSING FONT. EH…SAAT AKAN DICETAK, MUNCUL PEMBERITAHUAN MISSING FONT, WAH….RADA BINGUNG NIH. TERIMAKASIH.

    1. 1. Untuk memperkecil/besar proporsional menggunakan drag cursor + shift + ctrl.
      2. Mengatasi missing font dan link image bisa dengan mem-package file yang kita buat. Caranya dari menu : FILE –> PACKAGE. dengan menu itu nanti file indesign kita akan jadi satu folder yang berisi filenya, link image, dan fonts. Dan siap untuk di reproduksi.

      1. OK TERIMA KASIH MAS. HANYA SAJA JUMLAH UKURAN FILENYA MENJADI MEMBENGKAK YA MAS? NAMUN DEMIKIAN , TERIMAKASIH BANYAK ATAS PENCERAHANNYA….. PENCERAHAN INI SEMOGA MENDATANGKAN PAHALA BUAT YANG MEMBERI.

  5. HALLLOOOOO…………HALLOOOOO………..SAYA MAU TNYA NIH:
    BAGAIMANA KALAU LANGSUNG? BAGINI: POTO SAAT TAK POTONG PAKAI PATH SESUAI LEKUKAN NYA TIDAK MENGGUNAKAN PHOTOSOP TAPI PAKAI INDESIGN LANGSUNG. BERHASIL SY POTONG (SY MENDPTKAN TUTORIAL PEMOTONGAN INI DARI WWW my blog-my note). LALU SAYA PADUKAN DENGAN TUTORIAL DARI NJENENGAN KRN AKAN SY INGINKAN MENDPATKAN TEKSWARP. TERNYATA GAGAL, APAKAH MEMOTONGNYA HARUS DUA KALI (DIPOTOSOP DULU BARU DILAKUKAN PATH LAGI DI INDESIGN GITU? MOHON JAWABANNYA YA……. TRIMS BERAT.

    1. Saya potong path nya memang di InDesign, semua proses diatas semua dikerjakan di indesign tidak ada yang di photoshop. Tidak bisanya dimananya mas, mungkin bisa jelaskan lebih detail mungkin saya bisa coba bantu.

  6. HALLLOOOOO…………HALLOOOOO………..SAYA MAU TNYA NIH:
    BAGAIMANA KALAU LANGSUNG? BAGINI: POTO SAAT TAK POTONG PAKAI PATH SESUAI LEKUKAN NYA TIDAK MENGGUNAKAN PHOTOSOP TAPI PAKAI INDESIGN LANGSUNG. BERHASIL SY POTONG (SY MENDPTKAN TUTORIAL PEMOTONGAN INI DARI WWWNYA SIAPA YA LUPA SAYA). LALU SAYA PADUKAN DENGAN TUTORIAL DARI NJENENGAN KRN AKAN SY INGINKAN MENDPATKAN TEKSWARP. TERNYATA GAGAL, APAKAH MEMOTONGNYA HARUS DUA KALI (DIPOTOSOP DULU BARU DILAKUKAN PATH LAGI DI INDESIGN GITU? MOHON JAWABANNYA YA……. TRIMS BERAT.

  7. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I
    provide credit and sources back to your webpage?
    My blog is in the very same area of interest as yours and my users
    would definitely benefit from a lot of the information you provide here.
    Please let me know if this okay with you. Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *